Membuat Menu yang Cocok Untuk Konsep Restoran

Membuat menu masakan yang cocok dengan konsep restoran

Merancang menu masakan sangat penting, dimana jiwa dan USP restoran anda berada. Membuat menu masakan / apa saja makanan yang akan dijual di restoran merupakan tugas besar dari restoran konseptor. Menu masakan harus cocok dengan konsep restoran yang diciptakan. Mari kita bahas seputar merancang menu masakan untuk konsep restoran anda:

Siapa yang bertanggung jawab untuk membuat menu masakan ini?

Restoran owner, Chef / Cook yang bertugas sebagai konseptor. Bagaimana bila restoran owner tidak mengerti banyak seputar masakan / tidak bisa masak, hanya bisa makan saja? Tentu saja chef yang akan menjadi sumber kreasi. Disamping itu owner bisa mencari masakan dari restoran lain  yang dapat dijadikan benchmark atau contoh. Kerjasama antara Owner dan chef dalam membuat menu masakan ini harus diselaraskan dengan konsep restoran yang ada, supaya cocok dan nyambung antara masakan dan konsep yang diusung. lihat konsep restoran

Bagaimana membuat menu masakan yang kreatif dan memiliki nilai jual yang unik (USP)?

Pid restoran expert membuat berbagai research seputar membuat menu masakan untuk membantu anda dalam mengkreasikan menu masakan yang bernilai jual tinggi. Kami membagi dengan 4 cara kreasi :

  • Penyajian yang menarik dan unik. Menu masakan normal (yang biasa/ sudah dikenal) menggunakan  bahan baku yang seharusnya dengan pentaan yang unik. Contoh: nasi kari ayam, nasi disajikan dalam mangkuk kecil, kari ayam disajikan dengan wajan masak ditambah cabe bubuk dalam piring kecil  dan acar timun dalam toples kecil. disajikan dengan talenan besar. Ketoprak disajikan dengan seperti hamburger. emping besar atas dan bawah dimana toge, tahu dan timun ditengahnya dan ketupat disajikan di piring dengan extra saus kacang pedas di mankok kecil
  • Penggantian bahan baku. Menu masakan normal dengan  penggantian beberapa elemen bahan baku, pentaan biasa saja seperti layaknya. Contoh: Sayur asam (rasa tetap sayur asam seperti biasa), mengganti labu siam dengan labu pumpkin kuning, menggantikan kacang merah ati dengan kacang tolo. Soto mie Bogor (rasa tetap), mengganti tomat merah dengan tomat hijau, bihun dengan soun. 
  • Penggantian rasa. Menu masakan dengan rasa agak berbeda dari yang biasanya (diluar dari kebiasaan) dengan menggunakan bahan baku yang tidak seharusnya dan menciptakan citra rasa baru dengan penataan biasa saja. Contoh: terong balado dengan elemen sambal matah, citra rasa berbeda dari yang dengan sambal cabe merah saja.
  • 100% Kreasi baru. Menu masakan kreasi baru dengan penataan baru. Kreasi unik ini bisa menjadi signature item restoran anda. gado gado  ayam suwir rasa tom yum, pentaan sayuran gado gado dipaling bawah dikasih saus kental rasa tom yum diatasnya, ditabur bawang putih goreng, ditopping dengan ayam panggang suwir  dan digarnis dengan emping dan kerupuk remas, dibalur dengan tumbukan kacang tanah goreng.   

Semua kreasi masakan ini dapat menjadi usp atau nilai jual bagi restoran anda. Kreasi ini harus disesuaikan dengan konsep dasar dari restoran anda. Karena menu masakan anda adalah superstar anda yang akan diburu para tamu. Ingat semua menu masakan harus bisa cocok dengan lidah para calon pelanggan. cara membuka pelanggan

Kalau tidak memiliki ide kreasi unik apakah menu yang biasa biasa saja bisa menjadi nilai jual yang unik?

Tetap bisa, yang penting adalah rasa dan porsi serta harga jual yang pas dengan calon tamu. Perlu dingat kreasi anda harus bisa membuat restoran menjadi ramai dikemudian hari. Salah satu elemen yang menentukan menu adalah lokasi restoran berada.

Lokasi restoran menentukan siapa tamu yang akan datang dengan daya beli dan pemahamannya seputar kuliner. Contoh bila restoran berada di mal trensetter (GI, PI atau PIK) menu masakan unik yang 100% kreasi baru dan perubahan rasa  dapat menjadi pilihan anda. Bila lokasi di daerah follower sebaiknya perbanyak menu normal tetapi dengan pentaan unik ( pid dapat membantu pentaan yang unik ini)

Ada dua pepatah seputar hal ini: Menjual tahu dimana para tamu yang datang memang penikmat tahu atau menjual tahu dimana para tamu yang datang adalah pencinta tempe. Kedua hal ini sama sama berpengaruh, menjual tahu dimana tahu adalah kegemaran berarti kita menjual produk yang tepat di tempat yang tepat, sedangkan menjual tahu dimana tahu bukan produk yang digemari adalah tantangan sekaligus peluang. Yang pertama akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan dan sales, sedang yang kedua agak beresiko, tetapi bila berhasil akan mendatangkan peluang besar.

Selamat membuat menu masakan dengan USP yang tinggi, hubungi kami untuk membantu anda membuat desain buku menu, foto makanan dan semua kebutuhan marketing restoran anda. Salam Sukses.

 

 

Incoming search terms:

  • contoh kata kata promosi soto tangkar

Comments are closed.