Memilih Lokasi Restoran di Mal

Kunci Sukses Restoran dalam Memilih Lokasi Restoran di Mal

Duck king Bintaro Exchange

courtesy of AKG Jakarta

Salah satu kunci sukses restoran adalah lokasi yang tepat. Lokasi lokasi dan lokasi, ini yang sering kami dengar. Memang benar pemilihan lokasi adalah aspek no 1 dalam hal membuka restoran. Lokasi yang prominen/ terlihat dari segala sudut jalan/ trafiknya ramai/ dekat dengan areal kesibukan merupakan idaman semua restoranter.

Pemilihan lokasi ini gampang gampang susah, ada unsur pengamatan dan keberuntungan. Tidak semua lokasi yang tersedia cocok untuk restoran atau lokasi yang cocok sudah disewa oleh pebisnis lain.

Memilih Lokasi Restoran di Mal

Memilih lokasi di mal sangat penting dalam suksesnya restoran. Setiap mal memiliki strategi dalam tenancy dan traffic generation.

Mari kita lihat alasan pengunjung ke mal dan penempatan oleh pihak mal berdasarkan jenis usaha (berdasarkan pengamatan):

 

๐Ÿ“Belanja kebutuhan sehari-hari ( biasanya supermarket diletakkan di basement atau lantai paling bawah dekat dengan parkiran basement)

๐Ÿ“nonton (biasanya dilalokasikan di lantai paling atas)

๐Ÿ“mengajak anak ke tempat permainan (bisasanya dilantai atas dekat dengan cinema)

๐Ÿ“berbelanja fashion, toko sport (lantai 2-3, lantai tengah)

๐Ÿ“Gym (lantai 2-3 atau lantai tengah)

๐Ÿ“belanja life style ( lantai dasar- lantai 1, lantai dengan lobby)

๐Ÿ“kulineran ( dialokasikan di dekat lantai belanja kebutuhan sehari2)

๐Ÿ“food court ( biasanya berada di lantai paling atas)

๐Ÿ“kumpulan restoran (ditempatkan di lantai 2-4, sering terjadi karena tingginya permintaan tempat untuk restoran)

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi restoran di mal

Semua tergantung dari tema atau strategy mal. Ada mal yang memang mengusung tema life style mal, ada yang kuliner dan entertaiment mal, ada yang shopping mal. Hal ini mempengaruhi strategi tenan mix dan penempatanya di mal

Lokasi mal berada juga menentukan kesuksesan bisnis restoran anda. Lokasi mal berada di tengah komplek perumahan kelas A-B atau B-C, berada di tengah pusat perkantoran, berada di tengah kota dekat dengan perbelanjaan, berada di areal turisme, berada di dekat banyak sekolah.

Demografi pengunjung mal, ini sangat menentukan siapa yang datang, berapa daya belinya, kebiasaan hidupnya/ life style, kesibukan dari potensian pengunung.

Adakah mal lain yang dekat dengan mal pilihan anda? hal ini juga menjadi faktior penentu suksenya mal. Karena mal dan mal juga saling bersaing dalam jumlah pengunjung.

Skenario salah pilih lokasi restoran yang sering terjadiย (berdasarkan pengamatan):

Salah lokasi ini sering kali menjadi tidak termaafkan, sekalipun buka didalam mal. Salah lokasi menjadi salah satu kendala yang tidak mudah diatasi. Sebaiknya anda melakukan trafic generator dan trafic flow survey di dalam mal sebelum memutuskan untuk menyewa lokasi tersebut. Biasanya untuk kebanyakan mal, pengunjung lebih banyak datang ke mal untuk berkuliner dan mencari entertaimen (nonton atau tempat bermain), kemudian berbelaja groserian, baru shopping fashion atau yang lain.

Contoh pemilhan lokasi:

Sering kali space di mal sudah penuh terisi dan banyak waiting list, melihat oportunitas ini pihak mal membuka lantai terjepit untuk tenan restoran. Berada di lantai terjepit di mal harus dicermati lebih lanjut.

Restoran jika berada di lantai fashion (lantai tengah). dan atau berada di lokasi menyendiri jauh dari kumpulan restoran biasanya agak sulit berkembang apalagi bila brand anda baru atau tidak populer. Lokasi ini sering kali disebut lokasi sate ( terjepit diantara dua pusat keramaian: lantai kuliner dan lantai entertainmen) Lokasi ini layaknya sate harus berjajar berbagai restoran bersama sama.

Restoran yang cocok dengan lantai ini coffee shop atau dessert house. cafe atau dessert dilantai terjepit ini masih memungkinkan untuk mendapat perhatian penggunjung mal asalkan lokasi di void mal dimana ada escalator, interior resto sangat menarik (life style dressing, open air )

Kalau untuk restoran di lokasi sate, minimal ada 5-7 tenan restoran yang bejajar/ berdekatan. Lokasi jangan dipojok atau tersembunyi, seharusnya dekat dengan trafik generator terpopuler dilantai itu. (gym, toko besar/ dept store)

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu.

Incoming search terms:

  • restoran mail

Comments are closed.